fbpx
Select Language

Artikel

Juni 27, 2023

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dan Granit Agar Tidak Kelebihan atau Kekurangan

Share with

Perhitungan kebutuhan keramik atau granit memerlukan ketelitian. Lakukan dengan cermat agar bisa mendapatkan jumlah yang sesuai kebutuhan sehingga terhindar dari risiko kelebihan atau kekurangan pada saat proses pemasangan. Ulasan cara menghitung kebutuhan keramik dan granit ini dapat kamu jadikan acuan sebelum membeli keramik/granit untuk bangunanmu.

Ada sejumlah elemen bangunan yang dapat dipasang ubin seperti lantai, dinding, kolom, counter top, backsplash, fasad dan lain-lain. Pada dasarnya cara menghitung kebutuhan keramik dan granit sama saja baik lantai, dinding atau bidang yang lain. Namun jika pola pemasangannya mengharuskan adanya banyak pemotongan keping keramik atau granit, maka kamu perlu menambahkan cadangan dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca juga: Tips Merawat Ubin Granit agar Selalu Mengkilap

Ulasan dalam artikel ini hanya memberikan gambaran secara umum. Jika ingin mendapatkan perhitungan kebutuhan keramik/granit yang lebih spesifik sesuai bangunan yang sedang dirancang, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan arsitek atau kontraktor. Agar lebih tepat dalam perhitungannya, kamu bisa sekaligus memilih ubin keramik/granit terbaru dan terlengkap di showroom  House of Roman yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Di showroom ini, kamu bisa memilih ratusan koleksi ubin keramik dan granit dengan motif, warna dan tekstur yang beragam.

Berikut ini langkah-langkah dan rumus sederhana untuk menghitung kebutuhan keramik dan granit pada sebuah ruangan:

1. Menentukan luas ruangan

Langkah paling awal dalam menghitung kebutuhan keramik dan granit adalah menentukan luas ruangan yang akan dilapisi ubin. Caranya adalah dengan mengukur panjang dan lebar ruangan, kemudian mengalikan kedua angka tersebut. Misalnya, jika ruangan memiliki panjang 5 meter dan lebar 4 meter, maka luas ruangan adalah 20 meter persegi.

2. Menghitung luas keping keramik

Selanjutnya, kamu perlu menghitung luas keping keramik/granit yang akan digunakan. Misalnya, jika ukurannya adalah 50×50 cm, kalikan panjang dan lebar untuk mendapatkan luas keping keramik. Dalam contoh ini, luas keping keramik atau granit adalah 0,25 meter persegi (Panjang x Lebar, 50 cm x 50 cm = 250 cm = 2500 cm² = 0,25 m²).

Baca juga: Rekomendasi Keramik Dinding Dapur Roman yang Stylish

3. Menentukan jumlah keramik

Selanjutnya, bagi luas ruangan dengan luas keping keramik/granit untuk mengetahui jumlah keramik yang dibutuhkan. Misalnya, jika luas ruangan adalah 20 meter persegi dan luas keping keramik adalah 0,25 meter persegi, maka jumlah keramik yang dibutuhkan adalah 80 keping (20 m² ÷ 0,25 m² = 80).

4. Menghitung berapa dus keramik yang dibutuhkan

Ubin keramik/granit pada umumnya dijual dalam dus atau box. Oleh karena itu, kamu perlu menghitung jumlah dus yang dibutuhkan. Caraya dengan membagi jumlah keramik/granit yang dibutuhkan dengan jumlah isi per dus.

Misalnya, jika setiap dus berisi 4 keping, maka kita bagi jumlah keramik (80 keping) dengan jumlah isi per dus (4 keping). Dalam contoh ini, kita akan membutuhkan 20 dus keramik (80 keping ÷ 4 keping = 20).

Dengan demikian, untuk ruangan seluas 20 meter persegi dengan menggunakan keramik/granit berukuran 50×50 cm dan isi per dus 4 keping, kamu akan membutuhkan 20 dus keramik.

5. Tambahkan cadangan

Dalam pemasangan keramik, penting untuk menambahkan sejumlah keping keramik sebagai cadangan. Hal ini akan membantu mengantisipasi pemotongan yang diperlukan atau kerusakan yang mungkin terjadi selama proses instalasi.

Baca juga: 8 Rekomendasi Motif Granit Untuk Teras Terbaru

Untuk pemasangan dengan susunan lurus, tambahkan 2-3% dari total kebutuhan keramik sebagai cadangan untuk pemotongan yang mungkin diperlukan. Sedangkan untuk pemasangan dengan pola khusus tertentu yang membutuhkan banyak pemotongan, tambahkan 5% dari total kebutuhan keping keramik. Umumnya semakin besar ukuran keramik atau granit, maka cadangan yang dibutuhkan persentasenya semakin besar pula.

Contoh perhitungan kebutuhan keramik dan granit

RomanGranit_dBergamo_Rustic_RG60x60
Lantai dBergamo Rustic 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)

Agar bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut ini contoh perhitungan kebutuhan ubin keramik atau granit untuk ruangan seluas 100 m2 dengan beberapa opsi ukuran keramik atau granit:

1. Ukuran 40×40 cm, isi per dus 6 keping

Luas keping keramik = 40 cm x 40 cm = 1.600 cm² = 0,16 m²

Jumlah keramik = 100 m² ÷ 0,16 m² = 625 keping

Jumlah dus yang dibutuhkan = 625 keping ÷ 6 keping/dus = 104.17 dus (dibulatkan menjadi 105 dus)

2. Ukuran 50×50 cm, isi per dus 4 keping

Luas Keping Keramik = 50 cm x 50 cm = 2500 cm² = 0,25 m²

Jumlah keramik = 100 m² ÷ 0,25 m² = 400 keping

Jumlah dus yang dibutuhkan = 400 keping ÷ 4 keping/dus = 100 dus

3. Ukuran 60×60 cm, isi per dus 3 keping

Luas Keping Keramik = 60 cm x 60 cm = 3600 cm² = 0,36 m²

Jumlah keramik = 100 m² ÷ 0,36 m² = 277.78 keping (dibulatkan menjadi 278 keping)

Jumlah dus yang dibutuhkan = 278 keping ÷ 3 keping/dus = 92.67 dus (dibulatkan menjadi 93 dus)

4. Ukuran 80×80 cm, isi per dus 3 keping

Luas Keping Keramik = Panjang x Lebar = 80 cm x 80 cm = 6400 cm² = 0,64 m²

Jumlah keramik = 100 m² ÷ 0,64 m² = 156.25 keping (dibulatkan menjadi 157 keping)

Jumlah dus yang dibutuhkan = 157 keping ÷ 3 keping/dus = 52.33 dus (dibulatkan menjadi 53 dus)

Simulasi perhitungan di atas belum menambahkan keramik atau granit cadangan. Untuk berjaga-jaga, direkomendasikan untuk menambahkan cadangan sekitar 5% dari total kebutuhan keping keramik/granit.

Dengan memahami cara menghitung kebutuhan keramik dan granit di atas, kamu akan memperoleh angka kebutuhan keramik dan granit secara akurat dan mempersiapkan anggaran dengan lebih baik.

Dapatkan ubin keramik dan granit terbaik di showroom House of Roman terdekat dari kotamu. Kamu juga bisa mendapatkan produk-produk Roman di jaringan pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Selamat merencanakan dan mewujudkan tampilan ruangan yang mewah dengan keramik/granit yang tepat!

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...