fbpx
Select Language

Artikel

Oktober 11, 2022

Aneka Model Tangga dan Material Pelapis yang Mewah

Share with

Sebagai penghubung antar lantai dalam sebuah bangunan, tangga dapat dibuat dalam beberapa model sesuai dengan bentuk ruangan dan gaya desainnya. Dengan penggunaan model tangga yang tepat, kamu dapat memanfaatkan lahan yang ada secara optimal.  Yuk, kenali beberapa model tangga dan material pelapis yang bisa menambahkan kesan mewah!

Tangga lurus

Tangga lurus merupakan model tangga yang paling umum digunakan pada rumah-rumah minimalis. Sesuai dengan namanya, tangga ini hanya terdiri dari satu tangga lurus tanpa bordes.

Model tangga ini dikenal juga dengan sebutan one wall stair. Tangga ini dapat diaplikasikan pada bangunan dengan luas ruangan dan tinggi antar lantai yang memadai.

Pembuatan tangga model ini sangat efisien karena menempel pada dinding dan tidak membutuhkan bordes. Namun untuk mendapatkan sudut tangga yang tidak curam, kamu perlu memperbanyak jumlah anak tangganya.

Baca juga: Penutup Lantai Ideal untuk Desain Tropis Modern

Model tangga lurus yang minimalis ini cocok dengan hampir semua desain Roman Granit StepTile. Tapi jika ingin nuansa sederhana nan hangat, kamu pilih RomanGranit dHybrida 120×30 cm yang memiliki corak serat kayu.

RomanGranit_dHybrida_Wengue_RG120x30

StepTile dHybrida Cherry 120×30 cm

Tangga letter L

Tangga berbentuk letter L memiliki sudut patahan sebesar 90 derajat. Sudut patahan ini dilengkapi dengan bordes, area datar untuk berbelok. Secara visual, tangga model letter L memberi batasan visual antar lantai. Keamanan dan kenyamanan lebih tinggi karena ada bordes yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak.

Baca juga: Upgrade Kemewahan Tangga Bangunan Anda dengan Nuansa Batu Alam dan Kayu dari RomanGranit StepTile

Pada gambar di bawah ini, pelapis anak tangga menggunakan koleksi RomanGranit dConcreto Charcoal 120×30 cm. Jenis pelapis anak tangga ini cocok untuk gaya desain bangunan industrial.

RomanGranit_dConcreto_Charcoal_RG120x30
Kepingan_RomanGranit_dConcreto_Charcoal_RG120x30
StepTile dConcreto Charcoal 120×30 cm

Tangga letter Y

Tangga yang dikenal sebagai tangga split ini terdiri dari satu tangga utama dengan tangga cabang ke arah kanan dan kiri. Di bagian percabangan terdapat bordes. Dari segi arsitektur, tangga ini berfungsi sebagai dua tangga karena mengarah ke dua bagian rumah yang berbeda. Karena membutuhkan banyak lahan, tangga ini lebih cocok untuk rumah berukuran besar dengan desain mewah.

Baca juga: Yuk, Bikin Desain Kamar Hotel Estetik dengan Ubin Granit Terbaik!

Untuk gaya desain yang elegan dan mewah, kamu bisa menggunakan material pelapis anak tangga  RomanGranit  dPalais Arabescato 120×30 cm dengan motif marmer putih Italia.

RomanGranit_dPalais_Arabescato_RG120x30
Kepingan_RomanGranit_dPalais_Arabescato_RG120x30

StepTile dPalais Arabescato 120×30 cm

Tangga letter U

Sekilas, tangga model letter U mirip dengan model tangga letter L yang memiliki bordes. Perbedaannya terletak pada sudut patahan tangga. Jika tangga letter L memiliki sudut 90 derajat. Maka tangga letter U sudutnya 180 derajat, patahan tangganya disusun ke arah berlawanan.

Foto: Unsplash

Tangga multifungsi

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, kita bisa memanfaatkan tangga bukan hanya untuk memudahkan naik atau turun antar lantai tapi juga area tambahan multifungsi. Bagian yang kerap diubah menjadi area tambahan adalah kolong anak tangga.

Kolong anak tangga dapat kamu manfaatkan menjadi tempat penyimpanan berupa lemari atau rak. Bagian anak tangga juga dapat dijadikan tempat penyimpanan seperti rak buku mungil. Ada juga yang menempatkan meja belajar di bawah tangga.

Untuk tangga multifungsi ini, model tangganya bisa bermacam-macam. Perbedaannya hanya pada penambahan perabotan seperti rak, lemari atau meja di kolong tangga. Tangga multifungsi dapat menjadi solusi ruangan yang tidak terlalu luas namun ingin mendapatkan fungsi yang optimal.

Dari ulasan di atas, rumahmu lebih cocok pakai model tangga yang mana?

Material pelapis tangga terbaik

Selain memilih model tangga yang sesuai, hal penting lainnya yang perlu kamu lakukan dalam membuat tangga adalah memilih material pelapis yang tepat. Bukan hanya keindahan, pelapis anak tangga harus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi orang yang melewatinya.

Nah untuk material pelapis anak tangga, kamu bisa memilih RomanGranit StepTile. Ubin granit ini didesain khusus untuk mempermudah kamu dalam membuat tangga. StepTile (injakan anak tangga) memiliki ukuran yang ideal, yakni 120×30 cm sehingga bisa langsung dipasang. Dikarenakan ukuran 120 cm tersebut ideal dengan umumnya lebar tangga yang normal (antara 100 cm s/d 120 cm) dan lebar injakan tangganya juga ideal (27 cm s/d 30 cm).

FotoDetail_RomanGranit_dPalais_Arabescato_RG120x30
StepTile dPalais Arabescato 120×30 cm

Untuk meningkatkan keamanannya, setiap keping StepTile memiliki groove agar orang yang menginjaknya tidak mudah terpeleset atau jatuh. Lalu ujung atau sudut anak tangga (bullnose) didesain tidak tajam berbentuk membulat seperempat lingkaran sehingga lebih aman.

Baca juga: Rumus Merancang Anak Tangga Ideal di Rumah

Proses pembuatan groove dan pembulatan tersebut dilakukan di pabrik dan setelah itu ada proses glasur ulang dan pembakaran sekali lagi sehingga memastikan tidak ada pori-pori yang terbuka di area StepTile tersebut. Keren kan?

Agar desain tangga tampil lebih mewah dan estetik, RomanGranit juga menyediakan kepingan untuk tanjakan dan bordes yang sesuai dengan motif StepTile.

Untuk melihat koleksi lengkap RomanGranit StepTile, kamu bisa mengunjungi House of Roman terdekat dari kota kamu.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...