fbpx
Select Language

Artikel

Juni 21, 2022

Rumus Merancang Anak Tangga Ideal di Rumah

Share with

Keberadaan tangga di dalam rumah bertingkat sangat esensial. Tidak cuma berfungsi sebagai penghubung dari satu lantai ke lantai lainnya, tangga yang dibangun harus aman, nyaman dan dapat menambah keindahan ruangan. Untuk merancang anak tangga yang ideal, kamu perlu memperhitungkannya dengan matang.

Ukuran anak tangga

Dalam merancang anak tangga yang aman dan nyaman, kamu perlu menentukan besaran anak tangga. Kamu bisa menggunakan rumus: (2 x tinggi anak tangga) + lebar pijakan anak tangga, hasilnya haruslah berjumlah antara 60 cm hingga 65 cm. Contohnya jika tinggi anak tangga 18 cm dan lebarnya 28 cm, maka (2 x 18 cm) + 28 cm = 64 cm, artinya tangga kamu sudah ideal. Jika jumlahnya kurang dari 60 cm atau lebih dari 65 cm, maka tangga tersebut menjadi kurang nyaman untuk dilalui.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dan Granit Agar Tidak Kelebihan atau Kekurangan

Setelah mendapatkan besaran anak tangga yang ideal, selanjutnya kamu harus memilih material pelapis anak tangga yang tepat. Ada beragam pilihan material pelapis anak tangga seperti kayu, batu alam, marmer, keramik dan granite tile. Dengan mempertimbangkan kekuatan, keindahan dan kepraktisan dalam pemasangannya, granite tile dapat menjadi opsi terbaik.

RomanGranit_dCastanea_Maple_RG120x30
dCastanea Maple 120×30 cm

Untuk melapisi anak tangga, RomanGranit memiliki produk dengan kategori Steptile yang didesain khusus untuk mempermudah kamu dalam membuat tangga ideal. Steptile (injakan anak tangga) memiliki ukuran yang ideal, yakni 120 x 30 cm sehingga bisa langsung dipasang. Aplikasinya akan membentuk tangga yang indah karena tidak perlu ada sambungan nat.

Baca juga: Upgrade Kemewahan Tangga Bangunan Anda dengan Nuansa Batu Alam dan Kayu dari RomanGranit StepTile

Sementara untuk bagian depan anak tangga atau riser gunakan koleksi RomanGranit dengan motif dan warna yang sama berukuran 120 x 60 cm yang bisa dipotong sesuai ketinggian yang diinginkan. Keunggulan Steptile lainnya, step nosing tangga telah menyatu dengan tile, bagian ujung tile dibuat bevel agar sudutnya tidak tajam. Alhasil, tangga kamu akan tampil lebih mewah dan estetik dengan RomanGranite Steptile. Cek koleksi lengkapnya di sini: Steptile

RomanGranit_dRinjani_Charcoal_RG120x30
dRinjani Charcoal 120×30 cm
Kepingan_RomanGranit_dPalais_Arabescato_RG120x30
dPalais Arabescato 120×30 cm
Kepingan_RomanGranit_dRinjani_Perla_RG120x30
dRinjani Perla 120×30 cm
Kepingan_RomanGranit_dRinjani_Charcoal_RG120x30
dRinjani Charcoal 120×30 cm
Kepingan_RomanGranit_dCastanea_Maple_RG120x30
dCastanea Maple 120×30 cm

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...