fbpx
Select Language

Artikel

September 29, 2022

6 Langkah Menuju Keluarga Sehat

Share with

Kesehatan menjadi prioritas bagi setiap keluarga, terutama setelah pandemi Covid-19 melanda dunia. Untuk menjaga imunitas tubuh, kita perlu membiasakan gaya hidup yang berkualitas.

Di masa transisi pandemi Covid-19 menjadi Endemi, aktivitas sudah mulai normal. Meskipun begitu, varian baru Covid-19 masih ada dan angka kasus kembali meningkat. Tidak ada cara lain, kita perlu meningkatkan kualitas kesehatan keluarga dengan cara membiasakan gaya hidup sehat sehingga kekebalan tubuh bisa meningkat.

Pola makan seimbang

Tidak hanya rasanya enak, makanan yang kita konsumsi harus sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh memerlukan gizi yang cukup, yaitu makanan yang mengandung serat, vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, dan protein. Cara pengolahannya pun perlu diperhatikan, hindari terlalu banyak menggoreng dengan banyak minyak dan menghangatkan berulang kali karena nutrisinya akan hilang. Sebaiknya kita mengolah makanan sendiri daripada membeli makanan jadi.

Foto: Unsplash

Cukup beristirahat

Tidur dan beristirahat yang cukup menjadi kebutuhan tubuh setelah 1 hari penuh kita beraktivitas. Tubuh perlu rehat pada malam hari untuk recharge atau mendapatkan energi dengan cara tidur yang berkualitas. Menurut Kementerian Kesehatan RI waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah selama 7–8 jam. Ketika tidur, organ-organ di dalam tubuh fokus dalam membersihkan tubuh sehingga keesokan harinya tubuh kembali bugar dan siap beraktivitas kembali.

Lingkungan yang sehat

Tempat aktivitas seperti kantor, sekolah, dan rumah juga harus memenuhi syarat kesehatan agar kegiatan bisa berjalan lancar dan aman. Di rumah, kita perlu menjaganya agar tetap bersih, bebas dari debu, polutan, kuman penyakit, dan benda berbahaya lainnya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Taman di Lahan Terbatas

Beberapa material bangunan saat ini telah memiliki produk yang memperhatikan aspek kesehatan, misalnya produk tile RomanGranit kategori FitMood yang bisa mengeliminasi bakteri hingga 99,9%. Gunakan tile FitMood pada seluruh permukaan lantai di rumah, agar keluarga terhindar dari kuman berbahaya.

Olahraga teratur

Aktivitas fisik sangat penting untuk tubuh. Dengan melakukan olahraga yang teratur maka massa otot akan terbentuk dan tubuh menjadi lebih bugar. Tidak hanya tubuh saja yang sehat, mental atau pikiran juga menjadi sehat karena usai berolahraga tubuh menghasilkan hormon yang membuat pikiran menjadi rileks. 

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Pertimbangan Memilih Granit Lantai Outdoor

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup jenis yang ringan selama 30 menit dan dilakukan teratur sebanyak 5 kali dalam seminggu. Pilih jenis olahraga yang kita sukai dan lakukan bersama keluarga.

Foto: Unsplash

Kendalikan stres

Dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari, kita akan selalu menemukan masalahmasalah yang berpotensi menyebabkan stres. Untuk menghindarinya, mulailah selesaikan masalah dan jangan menunggu masalah itu menjadi besar.

Jika lelah karena pekerjaan, Anda perlu rehat sejenak untuk melakukan relaksasi dan rekreasi bersama keluarga. Namun, apabila jadwal terlalu padat lakukan hobi yang Anda sukai. Meskipun dilakukan dalam waktu sebentar, melakukan hobi dapat mengurangi stres.

Kebiasaan hidup sehat

Lakukan kebiasaan sehari-hari yang sehat dalam keluarga, seperti rutin menjaga kebersihan diri, pakaian, dan tempat tinggal kita. Hindari kebiasaan yang merusak kesehatan seperti rokok, minum alkohol, dan obat terlarang. Ajari anak-anak untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji, junkfood, dan makanan/minuman dengan kadar gula tinggi. Di masa transisi pandemi ini, tetaplah menggunakan masker ketika berada di luar rumah, terutama di tengah kerumunan atau tempat umum yang tertutup.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...