fbpx
Select Language

Artikel

April 04, 2022

Wajib Tahu! 5 Pertimbangan Memilih Granit Lantai Outdoor

Share with

Pemilihan granit lantai untuk area outdoor tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat berakibat fatal dan membahayakan para penggunanya. Tapi Sobat Roman tidak perlu khawatir. Untuk memudahkan kamu dalam memilih material yang tepat, Roman telah merangkum 5 pertimbangan utama dalam memilih granit lantai outdoor. Yuk, simak ulasannya!

Karakteristik lantai outdoor

Sebelum memilih granit lantai outdoor, terlebih dahulu Sobat Roman harus mengenali karakteristik lantai outdoor. Pemahaman mengenai karakteristik lantai outdoor sangat penting agar kamu dapat menetapkan kriteria material granit lantai yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Pertama, permukaan lantai outdoor akan terpapar sinar matahari secara langsung. Demikian juga ketika terjadi hujan, tumpahan air hujan dari langit akan langsung mengenai permukaan lantai outdoor. Sedangkan di negara yang memiliki empat musim, lantai outdoor akan menghadapi terpaan salju di musim dingin.

Kedua, lantai outdoor dengan atap yang sepenuhnya terbuka juga lebih cepat kotor. Maklum, angin dapat membawa terbang debu atau daun kering dari tempat lain ke lantai taman, jalur pedestrian, garasi, courtyard, dapur atau ruang makan outdoor. Lantai yang gampang kotor tentu saja akan lebih rentan terkena noda.

Ketiga, karakteristik lantai outdoor yang juga harus diperhatikan adalah penggunaannya yang lebih intens dibandingkan dengan lantai indoor. Lalu-lalang orang yang menggunakan lantai di area outdoor cenderung lebih tinggi. Akibatnya, tekanan, gesekan dan beban yang diterima granit lantai outdoor lebih tinggi ketimbang lantai indoor.

Pertimbangan dalam memilih granit lantai outdoor

Dengan mengenali karakteristik lantai outdoor di atas, Sobat Roman sekarang paham kan kenapa granit lantai outdoor harus memiliki kriteria khusus? Lantas apa saja kriteria-kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih granit lantai outdoor? Lanjut baca yuk!

1. Kuat

Kekuatan granit lantai outdoor menjadi faktor yang sangat esensial. Material granit lantai harus kuat dan tidak mudah rusak karena terpaan berbagai macam cuaca baik panas, hujan atau bahkan salju bagi negara yang memiliki empat musim. Granit lantai juga harus mampu menahan beban dari lalu-lalang orang yang lebih banyak di area outdoor. Untuk penggunaan pada area garasi, granit lantai juga harus mampu menahan beban mobil yang terparkir di atasnya. Selain ubin granit yang kuat, konstruksi di bawah ubin juga penting diperhatikan agar dapat memberikan dukungan yang memadai terhadap ubin granitnya.

Baca juga: Rekomendasi Granit Area Outdoor Nuansa Batuan yang Super Kuat

2. Tahan gores

Lantai area outdoor akan sering menghadapi gesekan dengan benda lain. Gesekan-gesekan yang kuat dapat menimbulkan bekas goresan di permukaan lantai. kamu tentu tidak menginginkan lantai outdoor penuh baret yang merusak estetika bukan? Agar keindahan lantai bisa terjaga dalam jangka waktu lama, pastikan untuk memilih granit lantai yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap goresan. Umumnya produk yang matt berwarna terang memiliki tingkat daya tahan goresan yang lebih tinggi.

3. Tidak licin

Curahan air hujan pada area lantai outdoor dapat membuat lantai licin. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa membuat orang yang berjalan di atasnya terpeleset dan jatuh. Jadi pastikan kamu menggunakan granit lantai yang aman untuk area yakni granit yang memiliki permukaan anti slip atau tidak licin. Contohnya koleksi RomanGranit dFuji yang memiliki permukaan berstruktur dengan tingkat anti slip yang sangat baik. Setiap tipe produk RomanGranit telah dites dan mempunyai nilai angka kelicinan yang disampaikan dalam angka R Rating. Silakan tanyakan ke petugas di showroom Roman untuk informasinya.

dFuji Dark 60×60 cm

4. Tidak mudah ternoda

Karakteristik lantai outdoor yang lebih mudah kotor berpotensi meninggalkan noda pada permukaan lantai. Lagi-lagi nilai estetikanya akan jauh berkurang jika granit lantai kamu dipenuhi banyak noda. Solusinya, pilih granit lantai yang memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap noda. Umumnya batu alam adalah produk yang berpori sehingga lebih rentan ternoda bila dibandingkan dengan ubin granit.

5. Perawatannya mudah

Lumut atau jamur akan mudah tumbuh pada area yang sering terkena air hujan, termasuk lantai outdoor. Jika sudah demikian, kamu perlu melakukan perawatan khusus secara berkala yang membutuhkan biaya tambahan. Untuk itu, sebaiknya gunakan granit lantai yang tidak mudah lumutan atau jamuran sehingga tidak membutuhkan banyak perawatan dalam penggunaannya. Kalau perawatannya mudah, kamu bisa menghemat biaya perawatan bukan?

Baca juga: 7 Rekomendasi Lantai Carport yang Kuat dan Estetik

Setelah membaca ulasan di atas, kini Sobat Roman sudah punya gambaran produk granit lantai outdoor seperti apa yang harus dibeli. Pemilihan granit lantai outdoor yang tepat akan membuat kamu lebih tenang karena tidak perlu cemas granit yang dipasang gampang pecah, cepat rusak atau kehilangan keindahannya.

Nah untuk mendapatkan granit lantai outdoor terbaik, kamu bisa memilih berbagai koleksi dari RomanGranit. Salah satunya adalah kategori granit Hardrock yang merupakan terobosan teknologi materi penutup lantai outdoor. Granit ini dapat diaplikasikan pada lantai dan dinding area outdoor baik pada hunian residensial maupun komersial.

Yang pasti, granit Hardrock memenuhi seluruh kriteria ideal untuk pelapis lantai outdoor seperti dibahas di atas. Hardrock memiliki ketebalan 2 cm sehingga sangat kuat. Koleksi ini juga memiliki tingkat anti slip (slip resistance), ketahanan terhadap noda (stain resistance) dan ketahanan terhadap gesekan atau abrasi (abrasion resistance) yang sangat tinggi. Daya serap air (water absorption) juga sangat rendah yakni kurang dari 0,50%. Dengan permukaan Hardrock yang tidak berpori, tidak bisa ternoda dan menghalangi lumut dan jamur berakar di permukaannya.

Ada 14 koleksi granit Hardrock berukuran 30×30 cm dan 60×60 cm yang dapat dipilih. Cek koleksinya di sini: Hardrock. Untuk mendapatkan granit Hardrock untuk lantai outdoor ini, Sobat Roman bisa datang ke House of Roman terdekat di kota kamu. Jangan lupa follow akun Instagram Roman.co.id untuk mendapatkan informasi terbaru dari Roman. Semoga bermanfaat!

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...