fbpx
Select Language

Artikel

Februari 21, 2024

10 Pola Pemasangan Ubin Granit & Keramik agar Interior Makin Cantik

Share with

Sudah tahu kan kalau pemilihan warna dan motif ubin akan mempengaruhi tampilan akhir dari sebuah bangunan. Yang tidak kalah penting adalah pola pemasangan ubin keramik dan granit pada lantai atau dinding. Dengan pola pemasangan yang tepat, interior ruangan akan terlihat lebih cantik dan mengesankan.

Sebagian pola mungkin sudah banyak diketahui, tapi masih banyak yang belum tahu pola-pola pemasangan unik berikut ini. Yuk, kenali 10 pola pemasangan ubin keramik dan granit agar bangunan terlihat makin cantik!

1. Pola Lurus

Roman_Baker_Black_White_30x30

Dinding Baker Black & White 30×30 cm (Roman Wall Tiles)

Pola pemasangan lurus atau linear adalah pola yang paling sering diterapkan. Pemasangannya sangat sederhana, ubin keramik dalam bentuk dan ukuran yang sama disusun lurus sejajar. Pola pemasangan ini dapat diaplikasikan untuk ubin bentuk persegi maupun persegi panjang.

Baca juga: Tutorial Visualisasi Ubin Granit dan Keramik Roman di Ruangan dengan 3D Visualizer

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan keramik dengan model pre cut seperti Baker. Dalam satu ubin berukuran 30×30 cm terdapat motif lima persegi panjang yang di sela-selanya bisa diisi dengan grout atau nat sehingga terlihat sebagai susunan kepingan ubin kecil.

2. Herringbone

RomanGranit_dTectona_Pine_RG90x15

Lantai dTectona Pine 90×15 cm (RomanGranit Wood Mood)

Sesuai dengan namanya, pola pemasangan ubin keramik dan granit ala herringbone ini berbentuk tulang ikan. Idealnya, pola pemasangan ini diaplikasikan pada ubin berbentuk papan persegi panjang dengan motif kayu. Keunikan pola pemasangan ini bisa menjadikan interior maupun eksterior lebih atraktif, bahkan tanpa tambahan dekorasi yang berlebihan. Untuk menerapkan pola ini, kamu bisa memilih berbagai koleksi ubin granit motif kayu dari RomanGranit Wood Mood.

Baca juga: Rasakan Kehangatan di Setiap Langkah dengan Lantai Berpola Herringbone dari RomanGranit

3. Basket Weave

Roman_dBahn_Black_30x60R

Dinding dBahn Black 30×60 cm (Roman Rectificado Wall Tiles)

Berikutnya ada pola basket weave atau biasa dikenal dengan sebutan anyaman. Sejatinya, pola pemasangan ubin ini disusun selang-seling arah horizontal dan vertikal. Baik dengan ubin di sampingnya ataupun di atasnya.

Pola pemasangan ini bisa dibuat dari susunan sejumlah ubin bentuk persegi panjang yang ketika digabungkan akan membentuk persegi. Misalnya 3 ubin persegi panjang horizontal, kemudian disusul dengan 3 ubin persegi panjang vertikal, dst. Kalau mau lebih praktis, bisa gunakan keramik dBahn Black dari Roman yang dalam satu kepingnya sudah terdiri dari motif 4 persegi panjang horizontal dan 4 persegi panjang vertikal.

4. Brick Bond / Subway Tile

Roman_dBond_Black_30x60

Dinding dBond Black 30×60 cm (Roman Wall Tiles)

Pola pemasangan brick bond atau subway tile sejatinya mengikuti pola pemasangan batu bata. Bentuk ubin keramik & granit yang digunakan berbentuk persegi panjang. Pemasangannya linear, namun garis vertikal antar ubin di atas dan bawah tidak sejajar. Pola yang satu ini cantik untuk menghiasi permukaan dinding, khususnya di kamar mandi dan backsplash dapur.

Untuk menerapkan pola ini dengan lebih mudah, kamu bisa menggunakan ubin keramik Roman, salah satunya dBond. Ubin berukuran 30×60 cm ini memiliki motif subway tile. Tinggal pasang dengan posisi horizontal sejajar, maka pola batu bata akan terbentuk secara sempurna.

Baca juga: Aneka Model Keramik Subway dari Roman yang Eye Catching

 5. Honeycomb / Hexagonal

Roman_dCampanili_Carrara_34x39

Lantai dCampanili Carrara 34×39 cm (Roman Hexagonal Tiles)

Ubin keramik & granit tidak melulu memiliki bentuk persegi ataupun persegi panjang. Ada juga loh yang berbentuk hexagonal. Ubin ini terlihat cantik setelah dipasang dengan pola pemasangan honeycomb. Kamu bisa memilih ubin keramik Roman Hexagonal Tiles bermotif unik atau kombinasikan beberapa motif agar terlihat lebih memukau.

Baca juga: Keramik Hexagonal Terbaru untuk Interior Modern & Stylish

6. Mozaik

Roman_dAtlantic_Sky_30x30

Dinding dAtlantic Sky 30×30 cm (Roman Wall Tiles)

Pola pemasangan ala mozaik banyak digunakan pada area basah seperti kamar mandi, kolam renang, dan dapur. Inti dari pola ini adalah susunan persegi kecil yang memiliki warna berbeda. Perbedaan warnanya bisa berupa kombinasi dari muda ke gelap. Bisa juga kombinasi warna yang saling kontras, ataupun bersifat komplementer.

Untuk aplikasi mozaik yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan keramik Roman dengan konsep pre cut yakni dAtlantic. Dalam satu keping ubin keramik 30×30 cm ini, terdapat motif susunan persegi berukuran kecil yang membentuk mozaik. Isi area pre cut dengan grout atau nat yang akan memperkuat tampilan mozaiknya.

7. Interlok

Roman_dBelitung_Grey_30x60

Dinding dBelitung Grey 30×60 cm (Roman Interlok)

Pola pemasangan interlok pada dasarnya menyusun ubin agar saling mengunci (interlocking) antar kepingannya baik dari sisi samping, atas dan bawah. Dengan pola interlok, garis sambungan nat akan tersamarkan sehingga terlihat lebih natural. Untuk mendapatkan pola ini, kamu membutuhkan ubin keramik yang didesain khusus dengan fitur interlocking, yakni Roman Interlok. Ada beragam koleksi keramik Roman yang dapat dipilih dari motif batu alam hingga bata ekspos di kategori ini.  

Baca juga: Yuk Berkreasi dengan Keramik Roman Interlok untuk Menciptakan Hunian Bergaya Rustic!

8. Modular

Roman_dTreccia_Naturale_50x50

Lantai dTreccia Naturale 50×50 cm (Roman Floor Tiles)

Pola pemasangan modular membutuhkan kombinasi ubin bentuk persegi panjang dan persegi dalam beberapa ukuran. Kemudian disusun dengan pertimbangan matang hingga permukaan lantai atau dinding terisi penuh. Bagaikan sedang menyusun puzzle.

Jika malas memutar otak, kamu dapat memanfaatkan ubin keramik dTreccia Naturale dari Roman yang dalam setiap kepingnya sudah ada susunan dari sejumlah bentuk persegi panjang dan persegi kecil. Tinggal pasang berurutan untuk mendapatkan hasil akhir pola pemasangan modular yang sempurna dalam waktu singkat.

9. Bookmatch

RomanGranit_dEstremoz_Specchio_A_B_RG120x60

Dinding dEstremoz Specchio A & B 120×60 cm (RomanGranit Grande)

Jika ingin menampilkan interior mewah nan artistik, pasanglah ubin granit motif marmer dengan pola pemasangan bookmatch. Pola pemasangan ini dilakukan dengan cara mencocokkan 2 atau 4 keping ubin dengan pola urat yang sama. Lalu dipasang saling berhadapan agar menghasilkan pola urat marmer baru yang simetris dan menawan. Pola bookmatch cocok untuk lantai ruangan yang luas maupun dinding dekoratif.

10. Endmatch

RomanGranit_dNebula_Continua_1_2_RG100x100

Lantai dNebula Continua 1 & 2 100×100 cm (RomanGranit Grande)

Pemasangan ubin granit motif marmer juga bisa dilakukan dengan pola endmatch di mana urat marmer terus menyambung antar kepingannya. Tidak perlu khawatir akan sulit mencari ubin motif marmer yang uratnya menyambung karena RomanGranit memiliki beberapa koleksi dengan konsep marmer endmatch, salah satunya dNebula.

Dengan mengetahui aneka pola pemasangan ubin granit dan keramik di atas, kini kamu bisa leluasa dalam berkreasi untuk menciptakan ruangan yang cantik. Dapatkan ubin granit dan keramik Roman terbaru dan terlengkap dengan beragam opsi pola pemasangannya di showroom House of Roman terdekat dari kota kamu. Produk-produk Roman juga bisa ditemukan di jaringan pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...