fbpx
Select Language

Artikel

November 28, 2022

10 Pilihan Ubin Granit Terazzo untuk Bangunan Residensial dan Komersial

Share with

Teraso atau terazzo pada dasarnya merupakan lantai yang dibuat dengan bahan baku campuran semen dan pasir yang permukaannya mengekspos kepingan batu marmer, kuarsa, granit, kaca atau bahan lainnya. Kepingan tersebut ditaburkan ke atas campuran saat adonan semen dan pasir belum mengeras. Setelah serpihan batuan terpasang, permukaan dihaluskan dan dipoles agar aman untuk berjalan.

Lantai teraso telah melampaui berbagai zaman. Kreasi teraso sudah ditemukan sejak zaman Mesir kuno. Namun bentuk teraso yang kita jumpai saat ini berasal dari Venesia, Italia. Kala itu, jenis lantai yang mulai populer pada abad ke-15 dianggap sebagai gaya kontemporer.

Hingga kini desain dengan nuansa teraso masih diminati. Namun perkembangan teknologi menciptakan inovasi baru pada teraso dalam bentuk porcelain tile atau ubin granit. Hal ini memberikan inspirasi dan suasana baru yang sebelumnya sulit untuk dilakukan seperti penggunaan teraso pada dinding ruangan, counter top atau permukaan yang lain.

Selain itu, proses pembuatan lantai teraso yang ribet, lama dan mahal, maka inovasi lantai ubin granit nuansa teraso kini menjadi pilihan yang nyaman di mana desainnya dapat, waktunya cepat dan biayanya relatif terjangkau.

Baca juga: Mengenal Tactile Tile, Ubin Granit yang Jadi Penunjuk Jalan bagi Tunanetra

Jenis teraso pun semakin beragam seperti teraso dengan serpihan batuan yang berukuran kecil, besar, warna-warni, homogen dan sebagainya. Ubin granit terrazzo seperti yang terlihat pada koleksi RomanGranit dapat kamu sesuaikan dengan imajinasi dan kreativitas desain ruangan yang akan dibuat.  

Berikut ini, 10 ubin granit nuansa teraso dari RomanGranit yang dapat kamu jadikan referensi desain untuk ruangan pada bangunan residensial maupun komersial:

dMelbourne

RomanGranit_dMelbourne_White_RG60x60 terrazzo
dMelbourne White 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dMelbourne_White_RG60x60 terrazzo

Ubin granit yang satu ini cukup unik. Motif pecahannya lebih sedikit sehingga ada jarak dan membuat warna latar belakangnya tetap mendominasi. Sekilas, seperti kue yang diberi sprinkle, ya? Pecahannya sendiri berwarna cerah seperti oranye dan biru. dMelbourne White bisa jadi pilihan yang tepat untuk kafe bernuansa modern minimalis.

dHollywood

RomanGranit_dHollywood_Caramel_RG60x60
dHollywood Caramel 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dHollywood_Caramel_RG60x60

Warna cokelat memang ampuh untuk menciptakan ambience yang hangat dan nyaman. dHollywood Caramel merupakan ubin granit warna cokelat dengan tampilan yang minimalis. Motif terazzo pada ubin granit ini didominasi warna putih, oranye, dan sedikit cokelat tua. Dengan komposisi kepingan batuan yang tepat, tampilannya semakin atraktif. Permukaan ubin granit dHollywood Caramel bertekstur halus dengan finishing matt. Sempurna untuk menghiasi lantai residensial ataupun komersial.

dVeneti

RomanGranit_dVeneti_Charcoal_RG60x60
dVeneti Charcoal 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dVeneti_Charcoal_RG60x60

Sebagian orang terlanjur punya persepsi kalau ubin granit nuansa teraso itu pasti warna-warni dan cerah. Tapi di RomanGranit kamu bisa menemukan dVeneti Charcoal, ubin granit motif teraso dengan nuansa gelap. Warnanya abu-abu dengan serpihan batuan di permukaan yang berkilau jika terkena cahaya. Buat kamu yang memiliki ruang komersial bergaya eksklusif, wajib pertimbangkan koleksi ini.

Baca juga: 7 Kesalahan Umum Saat Beli Keramik yang Perlu Kamu Hindari!

dTerazzo

RomanGranit_dTerazzo_Bone_RG60x60
dTerazzo Bone 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dTerazzo_Bone_RG60x60

Pernah ada kekhawatiran terkait pengaplikasian ubin granit motif teraso di ruangan besar? Takut terlihat ramai dan berlebihan? Solusi yang dapat diambil adalah dengan memilih ubin granit motif terazzo yang berwarna soft seperti seri dTerazzo.

Motif pecahan batuan khas terazzo memiliki warna yang senada dengan warna dasarnya. Jadi tidak akan menimbulkan kesan ramai. Permukaannya diberi finishing semi glossy yang mampu mempercantik lantai interior.

dDomus

RomanGranit_dDomus_Bone_RG60x60
dDomus Bone 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dDomus_Bone_RG60x60

Untuk kamu yang tidak ingin menggunakan pelapis lantai warna putih polos, pertimbangkan seri dDomus Bone. Ubin granit ini memiliki warna dasar putih bersih dengan motif teraso dari serpihan batuan yang tersebar di seluruh permukaannya. Dengan finishing matt, dDomus dapat mempercantik area semi outdoor seperti gambar di atas.

dPortico

RomanGranit_dPortico_Mocha_RG60x60
dPortico Mocha 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dPortico_Mocha_RG60x60

Koleksi RomanGranit nuansa terazzo dPortico ini mengandalkan dua warna untuk serpihannya. Pemilihan warnanya senada dengan warna dasar dari ubin granit. Pada dPortico Mocha, warna serpihannya berupa cokelat tua dan putih. Meski hanya 2 warna serpihan, kesan minimalis dan hangatnya malah semakin terpancar. Adapula varian Grey yang serpihannya berwarna hitam dan putih, serta varian Bone dengan serpihan warna putih dan beige.

dCasamilla

RomanGranit_dCasamila_Charcoal_RG60x60
dCasamilla Charcoal 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dCasamila_Charcoal_RG60x60

Ubin granit motif terazzo tidak bisa tampil eksklusif? Mungkin kamu belum pernah melihat dCasamilla. Motif terazzo pada permukaan hadir dalam bentuk serpihan batu minimalis. Sekilas dilihat lantainya semen ekspos biasa. Tapi saat tertimpa sinar lampu ataupun matahari, bagian motif serpihan batu ini akan mengkilap. Inilah yang menjadikan interiormu kelihatan eksklusif tanpa effort ekstra.

dTokyo

RomanGranit_dTokyo_Cream_RG60x60
dTokyo Cream 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dTokyo_Cream_RG60x60

Ubin granit terazzo juga dapat mempermanis tampilan ruang kantor kamu. Cobalah aplikasikan dTokyo Cream, yang memiliki motif terazzo yang lembut dan halus. Efek sparkling pada serpihan batu di atas permukaan ubin granit ini menambahkan kesan modern. Pilihan lantai warna cream ini dapat meningkatkan mood kerja karyawan agar dapat melahirkan ide-ide baru yang cemerlang.      

dYokohama

RomanGranit_dYokohama_Beige_RG60x60
dYokohama Beige 60×60 cm (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dYokohama_Beige_RG60x60

Warna beige dapat menghadirkan suasana hangat dan menenangkan pada interior ruangan. Seperti pada gambar ruangan café di atas yang menggunakan ubin granit nuansa terazzo, dYokohama Beige. Serpihan batuan khas terazzo pada permukaannya berwarna cokelat muda yang senada dengan warna dasarnya. Dengan permukaannya yang matt, lantai terlihat simpel namun tetap elegan.

Baca juga: Ide Desain Cafe Vintage yang Instagramable

dVeneziana

RomanGranit_dVeneziana_Grey_RG60x60
dVeneziana Grey 60×60 (RomanGranit Design Mood)
FotoDetail_RomanGranit_dVeneziana_Grey_RG60x60

Untuk pemasangan di area semi outdoor, kamu bisa mempertimbangkan ubin granit terazzo dengan motif serpihan batu yang berukuran agak besar. Pilihannya jatuh pada RomanGranit dVenziana dengan dua pilihan warna dasar putih dan abu-abu. Permukaannya matt bertekstur halus sehingga masih aman untuk penggunaan di area semi outdoor seperti gambar di atas.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...