fbpx
Select Language

Artikel

Juni 14, 2022

Dear Milenial, Ini Cara Merancang Dapur Estetik

Share with

Dapur yang estetik membuat penghuninya lebih semangat ketika memasak makanan yang sehat nan lezat. Tampilan estetik bukan hanya enak dipandang mata tapi juga nyaman saat digunakan dan sesuai dengan lifestyle milenial. Dalam merancang dapur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya.

Desain dapur yang fungsional

Suatu desain dikatakan fungsional apabila semua bagian di dapur mendukung kegiatan utama, yaitu masak memasak, seperti ada table top untuk menyiapkan bahan-bahan, kompor untuk memasak makanan, dan sink untuk membersihkan peralatan bekas memasak. Jika ada bagian yang tidak tersedia, ini akan mengurangi estetika dapur. Ruang dapur juga memerlukan tempat penyimpanan yang cukup untuk meletakkan peralatan masak agar dapur tampak selalu rapi dan bersih.

Baca juga: Sentuhan Vintage di Ruang Modern

Material yang mudah dibersihkan

Penting untuk memilih material finishing dapur yang kuat dan mudah dibersihkan, karena area ini seringkali berminyak, basah karena air atau tumpahan bumbu masak, dan terkena benda-benda panas. Tile dengan pori-pori kecil, seperti RomanGranit Grande 120 X 60 cm cocok untuk area kitchen top yang mudah dibersihkan. Jika aktivitas memasak cukup tinggi, pilih material tile untuk lantai yang tidak licin jika terkena tumpahan minyak atau air.

Sistem plumbing dan ventilasi

Proses memasak berhubungan dengan kebutuhan air bersih dan pembuangan air kotor, pembuangan asap dari kompor, serta aliran gas yang memadai sehingga memerlukan rencana pemipaan yang baik. Perhatikan pula sistem pengudaraan di dalam ruang karena kegiatan masak menghasilkan udara panas dan asap.

Baca juga: Pilihan Tepat untuk Gaya Hidup Sehat

RomanGranit_dTorano_Bianca_RG60x30
dTorano Bianca 60×30 cm

Dekat dengan ruang makan

Untuk menghemat ruang dan praktis, posisikan dapur dan ruang makan di dalam ruang yang sama atau secara berdekatan. Jika tempatnya terbatas, pilih meja makan bentuk bar yang mejanya bisa juga berfungsi sebagai island untuk persiapan memasak. Sesuaikan desain keduanya dengan kombinasi warna yang serasi. Contohnya seperti dapur di atas dan samping yang menggunakan dTorano Bianca 60×30 bernuansa netral untuk backsplash dapur dipadukan dengan table top kayu dan kitchen cabinet warna gelap.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...