fbpx
Select Language

Artikel

Oktober 25, 2023

Apakah Ubin Granit dan Keramik Roman Perlu Dicoating?

Share with

Ubin granit dan keramik Roman merupakan pilihan utama untuk pelapis permukaan (surface covering) baik pada bangunan residensial maupun komersial. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah perlu melakukan coating pada produk Roman? Simak terus artikel ini untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Sebelum mempertimbangkan perlu tidaknya produk Roman di-coating, penting untuk memahami karakteristik dasar dari produk ini. Produk Roman adalah jenis ubin granit dan ubin keramik yang dilapisi dengan glasur berkualitas tinggi.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik dan Granit Agar Tidak Kelebihan atau Kekurangan

Dengan adanya lapisan glasur, maka produk Roman tidak memiliki pori-pori yang memungkinkan kotoran atau cairan masuk ke dalam permukaan ubin. Sebagai hasilnya, kotoran hanya akan menempel pada permukaan ubin yang membuatnya mudah untuk dibersihkan.

Lapisan glasur pada produk Roman memiliki daya tahan dalam jangka panjang untuk melindungi ubin dari noda dan kerusakan.  Dengan demikian, keindahan ubin granit dan keramik Roman akan tetap terjaga.

Dengan karakteristik tersebut, maka jelas bahwa ubin granit dan ubin keramik Roman tidak perlu di-coating. Cukup bersihkan permukaannya secara rutin dengan menggunakan alat dan bahan pembersih standar yang tersedia di pasaran. Jika dilakukan coating pada produk Roman justru dapat membuat permukaan berubah warna dan jangka panjang berubah jadi kusam.

RomanGranit_dTidore_Avorio_HR30x30
Lantai dTidore Avorio 30×30 cm (RomanGranit HardRock)

Perbedaan perawatan pada batuan alami

Pemberian lapisan pelindung atau coating biasanya dilakukan pada produk batuan alami seperti batu marmer, batu onyx, batu granit, batu travertine, batu sandstone, batu andesit dan batu alam lainnya. Jenis-jenis batuan tersebut memiliki tingkat porositas yang tinggi terutama batu travertine. Pori-pori batu harus ditutup dengan lapisan pelindung atau coating agar tidak menjadi sarang kotoran atau noda.

Proses coating pada batu alam perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga keindahannya. Selain coating, batu alam juga perlu dipoles ulang jika permukaannya sudah terlanjur kusam dan banyak goresan.

Baca juga: Tips Merawat Granite Tile Agar Selalu Mengkilap

Nah berbeda dengan batuan alami, ubin granit Roman yang mereproduksi keindahan batu alam dibuat di pabrik dengan bahan baku utama tanah liat yang di-press dan dibakar pada suhu tinggi hingga lebih dari 1200 derajat celcius.

Selain itu, ubin granit dan keramik juga diberi lapisan glasur di permukaan atasnya. Hasilnya tercipta ubin yang sangat kuat, keras dan tidak berpori sehingga tidak membutuhkan perawatan yang rumit seperti pada batuan alami. 

Sebagai kesimpulan, berbeda dengan material bangunan dari batuan alami, produk ubin granit dan ubin keramik Roman tidak perlu di-coating. Cukup bersihkan secara rutin agar keindahannya tetap terjaga dalam jangka panjang. Praktis dan efisien!

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...