fbpx
Select Language

Artikel

Mei 09, 2022

5 Langkah Mendesain Kamar Mandi Idaman

Share with

Desain kamar mandi harus memperhatikan fungsi sekaligus estetika agar tercipta kamar mandi yang sehat dan indah. Untuk mewujudkannya, lakukan persiapan desain secara matang. Langkah-langkah berikut ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kamar mandi idaman.

1. Rencanakan pemipaan

Kamar mandi selalu berhubungan dengan air bersih dan air kotor. Rencanakan aringan pipa bersamaan dengan menentukan tata letak keran-keran, bak mandi, wastafel, oilet, lubang pembuangan air, pemanas air, dan lain-lain. Rencana pemipaan yang baik akan menghindarkan masalah saluran mampet, bocor, rembes, dan lain-lain.

2. Tentukan area basah dan area kering

Area yang basah dengan yang kering perlu dipisahkan agar Anda bisa menentukan jenis material untuk area tersebut. Area yang selalu basah membutuhkan permukaan yang tidak licin untuk menghindari risiko terpeleset. Hindari juga pemakaian material yang rawan lembap di area basah.

Baca juga: Ragam Motif Granit dan Keramik Agar Rumah Tampil Natural

3. Hindari Rembes pada Dinding

Dinding kamar mandi cenderung selalu basah sehingga rawan rembesan air ke ruang di sebelahnya. Oleh sebab itu, perhatikan 2 hal pada saat pemasangan keramik dinding. Pertama, sebelum memasang keramik dinding, berikan pelapis anti bocor atau waterproofing pada seluruh permukaan dinding. Kedua, pada bagian sambungan antar keramiknya harus terisi penuh dengan pengisi nat sehingga tidak menyisakan celah yang bisa dilewati air. Jangan lupa untuk memilih keramik dinding dengan kualitas terbaik. Untuk keramik kamar mandi, kamu bisa pilih produk dari Roman Ceramics dengan klik link ini.

Roman_dLivorno_Bone_Chevron_Siena_20x40
dLivorno 20×40 cm

4. Membuat lubang ventilasi

Dibandingkan ruang lain, kamar mandi adalah ruang yang rawan lembap karena selalu berhubungan dengan air. Ruang yang lembap berbahaya bagi kesehatan kita. Maka, pertukaran udara di dalamnya harus dirancang dengan baik. Buat beberapa lubang ventilasi di kamar mandi yang berhubungan dengan ruang luar agar udara dapat mengalir dengan lancar. Jika kondisi ruang tidak memungkinkan untuk membuat ventilasi, manfaatkan kipas exhaust sehingga udara dalam ruang dapat berputar.

Baca juga: Rayakan Idul Fitri dengan Granit Lantai Besar Nan Mewah

5. Cahaya dan warna

Kamar mandi harus cukup terang dan terlihat seluruh sudutnya, agar nyaman dan tidak membahayakan penggunanya. Oleh sebab itu, penerangan yang baik sangatlah penting. Gunakan penerangan yang cukup sesuai ukuran kamar mandi. Selain pencahayaan yang baik, pemilihan warna keramik untuk kamar mandi juga berpengaruh pada gelap/terangnya ruang. Jika Anda ingin hemat energi, pilih warna keramik dengan tone yang cerah, seperti produk dPotenza 30×60, atau dGranara 30×60.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...