fbpx
Select Language

Artikel

Januari 16, 2023

4 Tips Membuat Ruang Terkesan Luas

Share with

Ruang yang nyaman dan tidak terasa sesak oleh barang-barang menjadi dambaan semua pemilik rumah. Ukuran ruang yang besar pun belum tentu terasa luas dan nyaman kalau penataannya kurang tepat. Simak tips menata ruang yang bisa membuat ruang terasa lebih luas, terutama dari penataan area dinding dan lantainya.

Kurangi dinding penyekat ruang

Minimalkan dinding penyekat agar ruang terasa lebih lega. Apabila ada ruang yang harus dipisahkan, pilih dinding yang tidak masif, contohnya partisi yang ringan, transparan ataupun berongga. Dengan meminimalkan dinding pandangan di dalam ruang jadi tidak terhalang dan ruang pun terasa lebih luas.

Baca juga: 5 Tips Mendesain Kamar Ala Hotel di Hunian Minimalis

Tambahkan cermin besar

Meletakkan cermin ukuran besar juga dapat memberikan kesan luas pada ruang. Meskipun kita hanya melihat visual berupa pantulan saja, namun cara ini dapat menjadikan ruang 2x lebih luas. Besar cermin sebaiknya mendominasi dinding sehingga efek luasnya terasa.

Baca: 7 Kesalahan Umum Saat Beli Keramik yang Perlu Kamu Hindari!

Gunakan ubin granit lantai ukuran besar

Selain area dinding, area lantai merupakan bidang yang cukup besar dan sangat mempengaruhi tampilan keseluruhan ruang. Agar berkesan luas, pilih pelapis lantai ukuran besar seperti yang ada pada produk-produk RomanGranit Grande. Ukuran besar dapat meminimalkan sambungan nat, detail sambungan yang terlalu banyak bisa membuat ruang jadi terlihat lebih sempit. Pilih pelapis lantai berwarna terang dan mengkilap sehingga cahaya yang mengenai lantai dapat dipantulkan dan memberi kesan luas.

RomanGranit_dRichmond_Gold_Grande120x60
Lantai dRichmond Gold 120 x 60 cm (RomanGranit Grande)

Furnitur built-in

Pilihan furnitur dan cara penempatannya juga ikut mempengaruhi kesan sempit atau luasnya ruang. Untuk menghemat pemakaian furnitur, pilih furnitur multifungsi, misalnya meja sekaligus tempat penyimpanan atau meja yang bisa dilipat. Selain itu, sebaiknya gunakan furnitur built-in atau furnitur yang didesain khusus sesuai ukuran ruang sehingga lebih pas dan tidak menyisakan ruang yang tidak terpakai.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...