fbpx
Select Language

Artikel

Januari 19, 2022

Trend Desain Tahun Macan Air New Year, New Style

Share with

Tahun baru selalu dipenuhi dengan harapan dan optimisme. Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun pelan-pelan kita mulai bangkit dan ini tercermin dalam desain interior terkini, Shio Macan memiliki karakter pemberani yang penuh dengan pertimbangan dan perhitungan, sabar menanti waktu yang tepat, geraknya gesit dan tepat sasaran, serta tidak melepaskan apa yang sudah ia dapatkan. Adanya unsur air dan kayu di tahun 2022, maka diprediksi pada tahun baru ini akan muncul pemikiran dan kebijakan besar yang akan mempengaruhi segala aspek kehidupan kita.

Source : Freepik

2022 menjadi tahun yang optimis karena adanya dampak positif dari pemikiran dan kebijakan baru tersebut. Ini menjadi harapan baru bagi kita yang sudah mengalami kondisi negatif dalam 2 tahun terakhir. Tahun lalu, warna netral populer dan banyak dipakai karena memberi efek ketenangan di tengah situasi yang sulit.

dBruges Beige 80×80

Kini nuansa netral tetap ada namun tampil lebih berani dengan sentuhan warna terang sebagai aksen. Warna yang harmonis dengan unsur kayu dan air adalah merah, oranye, dan ungu. Tahun baru yang disebut juga tahun macan air ini cocok diwakili oleh warna-warna logam, yaitu emas, perak, dan putih. Kehidupan yang lebih humanis akibat pandemi berdampak pada kegemaran orang akan dekorasi dan benda-benda seni kerajinan buatan manusia (handmade) dengan detail yang artistik. Benda-benda tersebut terasa lebih “humble” dan menjadi artwork yang unik pada interior modern. Berbagai perubahan gaya hidup semasa pandemi berpengaruh terhadap kecenderungan gaya desain yang sedang populer saat ini dan masih akan berlanjut di 2022.

Beberapa sentuhan warna merah memberikan energi pada ruang tidur yang dominan warna netral. Merah mewakili unsur api yang dalam budaya Tiongkok merupakan lambang kebahagiaan dan optimisme. Kemewahan pada lantai ruang tidur didapatkan dari RomanGranit dConcreto 120×60 cm.

Lalu bagaimana tren desain seperti apa lagi yang diprediksi akan melejit di tahun macan air ini? Simak ulasannya dibawah ini yuk!

dMarmifera White 60x60cm

1. Fleksibel dan Multifungsi

Di masa pandemi, aktivitas bekerja berlangsung di rumah. Saat ini, aktivitas bekerja sudah berangsur kembali ke kantor meskipun belum sepenuhnya seperti masa sebelum pandemi. Akibat dari WFH maka terbentuklah ruang-ruang hybrid yang merupakan peleburan antara tempat kerja dan tempat tinggal. Sangat lazim ditemui, meja makan yang fleksibel digunakan untuk bekerja atau meja kerja di salah satu sudut ruang tidur, atau teras yang juga menjadi tempat bekerja. Trend ini masih berlanjut di tahun 2022. Ruang-ruang menjadi lebih fleksibel dan multifungsi mengikuti kebutuhan pemilik rumah. Sentuhan klasik ruang ini didapatkan dari koleksi RomanGranit dVisby 60 x 60 cm.

RomanGranit_dVisby_Grigio_RG60x60
dVisby Grigio 60x60cm

2. Mengedepankan Gaya Personal

Karena fokus kegiatan berada di rumah, maka tampilan rumah dan kenyamanan menjadi hal yang utama. Gaya personal tiap orang akan menonjol dan keunikan tersebut dibagikan ke media sosial. Interior menjadi latar belakang yang instagrammable dan kerap terlihat di aplikasi online meeting. Background tersebut dapat menunjukkan karakter unik tiap orang. Gaya kontemporer selalu mendapat tempat di setiap trend gaya desain, ditambah lagi dengan lukisan yang menunjukkan selera pemilik rumah. Lantai di ruang ini menggunakan tile RomanGranit dRhodes Grigio 60 x 60 cm.

RomanGranit_dRhodes_Perla_RG60x60
dRhodes Grigio 60x60cm

3. Humanis dan Crafty

Karya-karya seni buatan tangan (handmade), beragam obyek craft atau koleksi artwork antik kembali disukai. Benda-benda tersebut bercirikan tidak betul-betul sempurna (yang menandakan benda tersebut bukan buatan mesin), memiliki tekstur, bergaya vintage, dan detail yang unik karena tidak dibuat secara massal. Elemen craft ini ditemui pada detail interior, seperti ornamen dinding atau penutup lantai.

Ruang bergaya modern minimalis menggunakan penutup lantai bermotif design mood dari koleksi RomanGranit dMelbourne 60 x 60 cm yang mengambil inspirasi dari lantai teraso.

RomanGranit_dMelbourne_White_RG60x60
dMelbourne 60x60cm

4. Bagaimana Fengshui Rumah Modern di Tahun Macan Air ?

Rumah yang menyenangkan dan penuh energi positif bisa terwujud bila kita memahami Fengshui. Kita bisa pelajari filosofinya untuk menciptakan hunian modern yang harmonis antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

Fengshui merupakan ilmu dan praktik tradisional yang berasal dari Tiongkok tentang cara menata ruang di rumah atau tempat bekerja dan berdagang. Tujuannya untuk menciptakan keseimbangan antara alam dan ruang tempat tinggal manusia (interior). “Feng” berarti angin dan “shui” berarti air, karena keduanya berhubungan dengan kesehatan/ kehidupan.

Filosofi angin dan air ini adalah representasi kehidupan manusia yang selalu mengalir dan berkaitan dengan lingkungan tempat tinggalnya. Menurut ahli Fengshui, Fengshui untuk Hunian Modern Rumah yang menyenangkan dan penuh energi positif bisa terwujud bila kita memahami Fengshui.

dMarmifera White 60x60cm

Kita bisa pelajari filosofinya untuk menciptakan hunian modern yang harmonis antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya. dan arsitek Felix Andrian, ST.,AFSM.,AIFSA, untuk bisa menerapkan Fengshui pada rumah modern, kita perlu memahami dasar pemikiran Fengshui lalu menyesuaikannya dengan perkembangan zaman dan juga teknologi pada saat ini.

RomanGranit_dBruges_Beige_Grande100x100
dBruges Beige 100x100cm

5. Fengshui rumah modern yang dianjurkan

Perhatikan bukaan-bukaan, pastikan semua pintu dapat terbuka sempurna tidak terhalang oleh sesuatu di baliknya. Perbaiki jika ada kerusakan, seperti gagang macet atau engsel rusak karena akan menghalangi aliran energi. Jendela merupakan tempat masuknya cahaya alami yang mengandung energi positif dan baik untuk kesehatan, membuat ruang menjadi terang dan tidak lembap.

Pengaturan layout rumah, sebaiknya tidak ada yang menghalangi pergerakan kita di dalam rumah. Ruang-ruang mengikuti alur kegiatan dan memudahkan kita melakukan aktivitas sehari-hari. Semua barang-barang memiliki tempat yang sesuai, tidak ada yang terlihat berantakan dan menghalangi aktivitas.

RomanGranit_dFarnese_Beige_Grande80x80
dFarnese Beige 80x80cm

Bersihkan rumah secara berkala. Sesekali masukkan tanaman ke dalam ruang untuk memberikan energi positif. Anda juga bisa memasang wewangian essential oil yang membawa kesegaran dalam ruang. Fengshui memiliki filosofi bahwa semua benda di rumah kita memiliki “nyawa” dan punya energi. Jadi bersikaplah yang baik kepada tiap bagian di rumah beserta barang-barangnya. Jangan lupa untuk selalu berterima kasih kepada rumah dan seisinya karena telah memberikan tempat yang baik dan nyaman untuk Anda dan keluarga.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...