fbpx
Select Language

Artikel

Agustus 16, 2022

6 Inspirasi Lantai Granit Semen Ekspos untuk Rumah Industrial

Share with

Gaya industrial tengah diminati oleh anak muda. Bukan hanya untuk kafe, tapi juga bangunan lainnya termasuk rumah. Salah satu ciri khas dari rumah bergaya industrial adalah penggunaan material semen ekspos pada lantai. Sejatinya lantai semen ekspos dibuat menggunakan semen hingga tahap pengacian saja. Tanpa dilapisi lagi dengan granit, keramik, vynil atau kayu.

Tampilannya memunculkan kesan dingin. Sayangnya, lantai semen ekspos berpotensi lebih cepat retak. Selain mengurangi estetika, tentu bisa mengganggu lalu-lintas penghuni. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan lantai granit semen ekspos. Vibes-nya sama seperti penggunaan lantai semen ekspos biasa. Namun lebih kokoh, awet, dan tersedia dalam beberapa pilihan warna.

Berikut ini 6 koleksi ubin granit semen ekspos dari RomanGranit yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk bangunan bergaya industrial:

dCasamila

RomanGranit_dCasamila_Charcoal_RG60x60
dCasamila Charcoal 60×60 cm

Inspirasi lantai granit semen ekspos yang pertama datang dari seri dCasamila. Konsep utamanya bagaikan lantai semen yang dicampur pecahan batu. Nuansanya abu-abu dengan permukaan matte. Dari kejauhan, lantai ini nampak seperti memiliki tekstur. Keunikan tersebut tercipta berkat corak berupa bintik-bintik batuan berwarna gelap dan terang yang ukurannya acak.

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna dan Motif Keramik untuk Mempercantik Rumah

Karena warna lantai granit semen ekspos ini tergolong netral dan gelap, kamu tidak memiliki batasan untuk memilih warna furnitur. Mau dipadupadankan dengan furnitur warna terang, pastel, atau yang kontras? Tetap menawan hasilnya.

dAsmant

RomanGranit_dAsmant_Grigio_RG60x60
dAsmant Grigio 60×60 cm

Bagi kamu yang mencari lantai granit dengan tampilan super sama dengan semen, seri dAsmant Grigio bisa jadi pilihan tepat. Warna abu-abunya semen ekspos banget. Tidak sampai di situ, tekstur permukaannya juga memiliki alur atau semburat khas lantai semen yang berwarna abu-abu muda keputihan.

Lantai ini cocok diaplikasikan pada interior maupun eksterior seperti covered area rooftop. Padukan dengan furnitur berwarna hitam supaya tampil kontras dan langsung menarik perhatian. Kualitas anti slip yang dimiliki granit tile ini cukup baik sehingga aman digunakan untuk keperluan area outdoor beratap.

dPanama

RomanGranit_dPanama_Taupe_RG60x60
dPanama Taupe 60×60 cm

Ciri khas rumah industrial selain lantai semen ekspos adalah dinding batu bata ekspos. Jika kamu berencana untuk menggunakan dinding batu bata ekspos secara keseluruhan di interior, sebaiknya padukan dengan lantai granit semen ekspos yang berwarna terang. Ini untuk menghindari interior terlihat sumpek.

Baca juga: 5 Langkah Menghadirkan Motif Batik sebagai Bagian dari Hunian, Salah Satunya Ubin Granit Batik

Warna utama dPanama Taupe abu-abu muda yang mendekati warna putih. Permukaannya dibubuhi garis-garis abstrak nan halus khas material semen. Pada beberapa bagian juga terdapat spot putih memudar bagaikan semen yang mengering.

dPozlana

RomanGranit_dPozlana_Light_RG60x60
dPozlana Light 60×60 cm

Untuk menyesuaikan tren hunian masa kini, gaya industrial kerap dimodifikasi dengan sentuhan minimalis modern. Furniturnya didominasi warna hitam. Lalu desainnya sederhana tanpa ukiran dan motif. Untuk tampil serasi, gunakan lantai granit semen ekspos warna abu-abu muda dengan efek terang dan gelap yang seimbang dari seri dPozlana. Desain permukaannya random sehingga mampu menonjolkan kesan otentik lantai semen. Dibuat dengan permukaan matt, lantai ini ideal untuk kamar mandi kering, dapur, hingga area semi outdoor.

Baca juga: Anti Mainstream dengan Keramik Hexagonal

dConcreto

RomanGranit_dConcreto_Avorio_RG120x60
dConcreto Avorio 120×60 cm

Bagi beberapa orang, hunian gaya industrial itu terkesan gelap dan terlalu dingin. Padahal, kesan tersebut bisa disiasati dengan pemilihan warna lantai yang tepat. Misalnya saja menggunakan granit seri dConcreto Avorio yang bernuansa light beige. Rumah industrial otomatis terlihat lebih elegan dan terang. Granit lantai seperti ini juga cocok untuk fungsi-fungsi non residensial lainnya seperti restoran, kantor dan sebagainya. Jangan khawatir kesan industrialnya akan berkurang. Pasalnya, permukaan dan corak granit ini tetap menampilkan lantai semen ekspos.

dFrankfurt

RomanGranit_dFrankfurt_Charcoal_Grande80x80
dFrankfurt Charcoal 80×80 cm

Hunian industrial yang berukuran besar harus diseimbangkan dengan penggunaan ubin granit yang besar pula. Jika ukuran 60×60 cm saja tidak cukup, ada dFrankfurt yang berukuran 80×80 cm. Warna charcoal-nya abu-abu tua khas semen ekspos. Pada beberapa sudutnya terdapat warna gradasi yang lebih tua dan posisinya random. Karena dibuat dengan teknologi canggih, hasil akhirnya semen banget.

Demikian 6 inspirasi lantai granit semen ekspos yang menggunakan koleksi dari RomanGranit. Kekuatan dan daya tahannya menakjubkan karena diproduksi dengan dibakar pada suhu lebih dari 1.200 derajat Celcius menghasilkan produk yang padat, kuat dan otomatis awet/tahan lama. Kalau ada cara mudah dan berkualitas untuk mewujudkan lantai granit semen ekspos untuk rumah bergaya industrial, mengapa tidak dicoba?

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...