fbpx
Select Language

Artikel

April 29, 2024

Tips Menciptakan Interior Rumah yang Ideal untuk Pawrent

Share with

Bagi seorang pawrent atau pemilik anjing dan kucing, sebuah hunian bukanlah sebatas tempat tinggal untuk manusia. Tapi juga untuk hewan kesayangannya. Tentu mereka ingin hewan kesayangannya tinggal dengan nyaman. Di sisi lain, mereka juga membutuhkan interior hunian yang mudah perawatan karena ketika memelihara hewan harus siap bertempur dengan bulu dan kotoran.

Agar kedua pihak sama-sama nyaman menghuni sebuah tempat tinggal, terapkan saja interior hunian yang ideal untuk pawrent berikut ini.

Menyediakan spot khusus untuk hewan kesayangan

Sama halnya seperti manusia, hewan kesayangan seperti anjing dan kucing membutuhkan tempat makan, tidur, dan buang air. Agar hunian mudah dibersihkan dan kotoran tidak menyebar di berbagai tempat, sediakanlah spot khusus untuk mereka. Biasanya spot tersebut ada di sudut ruang keluarga atau di area halaman belakang. Ciptakan spot yang nyaman dan aman.

Pilih furnitur dengan kaki tinggi

Gunakan furnitur dengan kaki tinggi agar debu dan bulu anjing dan kucing yang berada di area kolong lebih mudah dibersihkan. Jika rumah bersih dari tumpukan debu dan bulu, maka seluruh penghuni pun bisa hidup lebih sehat.

Penggunaan furnitur dengan kaki tinggi juga merupakan pilihan yang tepat jika kamu tidak suka anabul naik ke atas sofa atau ranjang. Tapi jika kamu suka cuddling dengan anabul di atas sofa dan ranjang, hal itu tidak jadi masalah. Tambahkan saja ramp mini agar anabul bisa naik dengan mudah.

Gunakan bahan kain yang paling ideal

Memelihara hewan berarti kamu harus siap dengan bulu yang beterbangan dan noda kotoran yang dibawa oleh mereka. Untuk perabotan yang menggunakan bahan kain seperti sofa dan tirai, ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi.

Di antaranya adalah bahannya tebal dan tidak mudah sobek, tidak mudah menyerap noda, dapat dibersihkan dari noda menggunakan air dan sabun, serta mudah dibersihkan dari bulu yang menempel. Beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah faux leather dengan kualitas premium, kain woven, linen, katun, dan microfiber.

Hindari tanaman hias beracun bagi hewan

Beberapa jenis tanaman hias indoor terlihat cantik dan membuat interior fresh. Tapi hal itu belum tentu baik untuk kesehatan hewan peliharaan. Misalnya saja tanaman peony, lily, dan english ivy yang beracun untuk kucing. Jadi, sebelum meletakkannya di dalam rumah, cari tahu dulu keamanannya.

Gunakan material yang tidak mudah rusak

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, gemar mencakar dan menggigit benda yang ada di sekitarnya. Daripada kamu stres dan over budget untuk mengganti barang yang rusak, lebih baik gunakan material yang tidak mudah rusak sejak awal. Alih-alih pakai material kayu sebagai pelapis lantai, pertimbangkan menggunakan ubin granit atau keramik.

Lantai tahan gores dan tidak licin

RomanGranit_dJepara_Cherry_RG120x20

Lantai dJepara Cherry 120×20 cm (RomanGranit Wood Mood)

Cakar kucing dan anjing cukup banyak menyumbang baret pada permukaan lantai. Agar estetika lantai bisa bertahan dalam waktu lama, maka pilihlah ubin granit yang tahan gores. Kucing dan anjing juga suka berlarian di dalam rumah. Untuk menghindari risiko terpeleset dan menghantam barang di sekitar, sebaiknya gunakan ubin lantai yang tidak licin.

Kedua kriteria ubin lantai ini dapat ditemukan pada berbagai koleksi RomanGranit. Rekomendasi kali ini jatuh pada dJepara Cherry yang memiliki motif kayu tropis dengan permukaan matt. Selain membuat ruangan lebih cantik, ubin granit ini tahan gores dan tidak licin.

Lapisi dinding dengan ubin granit

RomanGranit_dAshgabat_Bianco_RG120x60

Dinding dAshgabat Bianco 120×60 cm (RomanGranit Gloss Mood)

Melapisi dinding dengan ubin granit bisa menjadi pilihan yang tepat. Alasannya cukup rasional sebab anjing dan kucing seringkali berjalan sambil merapatkan diri pada dinding, apalagi setelah selesai bermain kotor-kotoran ataupun dimandikan. Jika menggunakan cat biasa, dinding akan mudah kotor dan lembab. Dengan menggunakan ubin dinding, maka kotoran bisa langsung dilap dan interior akan terlihat bersih setiap saat.

Rekomendasi kali ini datang dari dAshgabat Bianco yang memiliki motif marmer putih dengan urat kecokelatan. Sangat cantik dan mewah untuk interior hunian pawrent yang bergaya modern minimalis maupun luxury.

Perawatan mudah dan suhu terkontrol

Penggunaan ubin granit baik pada lantai atau dinding sangat praktis karena perawatannya sangat mudah. Bulu hewan peliharaan, kotoran, dan debu dapat dengan mudah dibersihkan dengan sapu atau kain lembut serta obat pembersih ringan. Ubin granit juga lebih mudah didisinfeksi.

Keuntungan lainnya dari menggunakan ubin granit adalah suhu yang lebih terkontrol. Jika tinggal di daerah yang panas, hewan peliharaan perlu tempat yang nyaman untuk mendinginkan diri. Ubin granit yang dingin bisa menjadi tempat yang sempurna. Permukaan yang halus dari ubin granit menyerap panas, yang dapat membantu mendinginkan hewan peliharaan.

Kini hewan kesayangan bebas bermain, pawrent pun tenang karena interior tetap tampil on point. Semoga menginspirasi!

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...