fbpx
Select Language

Artikel

Desember 20, 2022

Perhatikan 5 Faktor Ini Saat Memilih Ubin Granit dan Keramik untuk Area Publik

Share with

Area publik yang menjadi tempat untuk menampung berbagai aktivitas masyarakat wajib memiliki desain yang nyaman dan aman. Karakteristik khusus public area berbeda dengan area lainnya. Dengan demikian, pemilihan ubin granit dan keramik pada area publik pun perlu diselaraskan.

Secara umum, area publik merupakan area yang diperuntukan bagi pelayanan masyarakat umum baik untuk menyelenggarakan kegiatan pemerintahan, perekonomian, layanan kesehatan, transportasi, pendidikan, olahraga dan lain-lain.

Area publik untuk layanan transportasi seperti terminal, stasiun dan bandara selalu ramai dikunjungi orang setiap hari. Namun tidak terbatas di bidang transportasi, area publik lainnya juga menjadi pusat kegiatan masyarakat seperti kantor pemerintahan, mal, rumah sakit, kampus, gedung pertunjukan dan lain-lain. 

Dalam memilik ubin granit dan ubin keramik pada bangunan publik, kamu harus memperhatikan karakteristik unik dari bangunan  tersebut. Dengan begitu, material pelapis lantai atau dinding sesuai kebutuhan dan dapat bertahan lama.

Berikut ini faktor-faktor penting yang harus kamu perhatikan saat memilih ubin granit dan ubin keramik untuk area publik:  

Harus mampu menopang trafik tinggi

RomanGranit_dMakaru_Stone_HR60x60
Lantai dMakaru Stone 60×60 cm (Roman Granit HardRock)

Area publik akan diakses oleh masyarakat umum sehingga selalu ramai dikunjungi orang. Hal ini mengakibatkan tingginya trafik lalu lalang terutama di area koridor dan lobby. Dengan demikian, lantai harus mendapatkan pelapis ubin granit yang tahan terhadap abrasi atau gesekan benda dengan permukaan lantai.

Untuk produk pelapis lantai yang kuat dan tidak tergores, pilihlah ubin RomanGranit dengan spesifikasi teknis dengan PEI rating 4 atau 5. PEI rating merupakan rating untuk mengukur tingkat resistensi terhadap abrasi pada permukaan ubin granit dan ubin keramik.

Semakin tinggi ratingnya, semakin tinggi pula kemampuan resistensinya. Jadi ubin dengan PEI rating tinggi tahan terhadap goresan dan gesekan dari benda-benda di atasnya.

Finishing permukaannya bisa kamu sesuaikan dengan ruangannya. Pada area yang trafiknya tinggi terutama ruang semi outdoor, direkomendasikan untuk menggunakan ubin dengan permukaan matt demi keamanan pengunjung agar terhindar dari risiko tergelincir.

Area publik yang bersifat outdoor seperti taman dan tempat parkir membutuhkan ubin granit yang super kuat. Sebab selain lalu-lalang orang atau kendaraan, area outdoor juga terkena paparan panas matahari dan air hujan.

Koleksi-koleksi RomanGranit HardRock yang memiliki ketebalan 20 mm sangat kuat, tidak berpori dan tidak berlumut. Permukaannya memiliki tingkat antislip yang tinggi sehingga tidak licin dan aman dipijak meski dalam kondisi basah.

Hadirkan unsur budaya pada ruang interior

RomanGranit_dBatik_Amba_RG30x30
Lantai dBatik Amba 30×30 cm (RomanGranit Vintage)

Ruang publik tetap harus cantik. Kamu dapat memasukkan tema budaya untuk memperkuat kesan lokalnya. Hadirkan unsur budaya ke dalam bangunan publik misalnya dengan mengangkat kesenian batik. Aplikasikan motif batik pada lantai atau dinding dengan menggunakan ubin granit dBatik Amba dari kategori RomanGranit Vintage.

Ruang publik yang cantik biasanya akan menjadi lokasi pilihan untuk foto-foto selfie yang kemudian diupload ke media sosial. Foto keindahan bangunan publik tersebut dapat meningkatkan citra positif pada layanan publik yang diberikan. Dengan demikian, bangunan bukan cuma nyaman, tapi mampu memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung.

Akses antar lantai harus aman

RomanGranit_dConcreto_Charcoal_RG120x30

Pelapis tangga dConcreto Charcoal 120×30 cm (RomanGranit StepTile)

Kehadiran lift pada area publik akan mempermudah akses pengunjung menuju tingkatan lantai lainnya. Namun, pada banyak bangunan masih menggunakan tangga antar lantainya. Tangga perlu dibuat dengan aman, baik dari segi railing maupun pijakan anak tangga.

Kamu dapat menggunakan RomanGranit StepTile. Ubin granit ini didesain khusus untuk mempermudah kamu dalam membuat tangga ideal dengan ukuran 120×30 cm. Ukuran tersebut sesuai dengan rata-rata lebar tangga yang umumnya adalah 100-120 cm. Dengan ukuran itu, anak tangga bisa langsung dipasang dan tanpa perlu sambungan nat. StepTile dirancang dengan adanya glassure tangga dengan bagian ujung tile dibuat bevel sehingga sudutnya tidak tajam.

Toilet harus selalu bersih

Roman_dCatania_Siena_30x60R
Dinding kamar mandi dCatania Sand dan dCatania Crema 30×60 cm (Roman Rectificado Wall Tile)

Bukan hanya di hunian, dinding berlapis keramik juga perlu diterapkan pada toilet atau kamar mandi area publik agar selalu terlihat bersih. Keramik yang melapisi dinding mampu mempertahankan estetika dan kebersihan kamar mandi. Keindahan pun terjaga karena tidak ada kelembapan yang yang dapat merusak dinding.

Untuk keramik dinding kamar mandi, rekomendasinya adalah Rectificado Wall Tile dari Roman. Ubin keramik ini dapat menciptakan dinding interior yang kuat dan indah. Keramik dinding Roman Rectificado dipotong dengan kesikuan yang sempurna sehingga tepiannya rapi dan presisi serta menciptakan suasana kemewahan.

Keramik dinding ini tidak memiliki pinggul pada tepiannya, tapi lurus dan siku sempurna. Alhasil, keramik Roman Rectificado dapat dipasang sangat rapi dengan lebar nat yang minimal (2 mm). Tampilan kamar mandi bangunan publik akan terlihat indah dan mewah.

Meningkatkan pelayanan ke masyarakat

RomanGranit_Tactile_Yellow_HR30x30
Tactile Yellowline & Tactile Yellowdot 30×30 cm (Roman Granit HardRock)

Pengelola area publik terus berupaya meningkatkan pelayanannya dengan menyediakan fasilitas yang dapat membantu semua lapisan masyarakat. Dari waktu ke waktu, fasilitas di ruang publik terus berkembang.  Apalagi kualitas pelayanan area publik sering dianggap representasi dari keberhasilan pemerintahan. Jika layanan area publik jelek, maka citra pemerintahnya ikut tercoreng.  

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, area publik juga memberikan kemudahan akses bagi penderita tunanetra. Salah satunya dengan memberikan guiding block dalam bentuk ubin granit tactile sebagai petunjuk jalan.

Gunakan RomanGranit Tactile (Hard Rock) yang tersedia dalam pilihan warna yellow dan grey dengan corak timbul garis dan titik-titik. RomanGranit Tactile ini dibuat sesuai standar internasional. Keberadaan ubin granit ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penyandang tunanetra di ruang publik.

Untuk mendapatkan koleksi RomanGranit dan Roman Ceramics terbaru dan terlengkap, kamu bisa datang ke showroom House of Roman terdekat. Kamu juga bisa mendapatkannya dari jaringan pemasaran Roman yang tersebar di seluruh Indonesia. Imagine what You and Roman can do!

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...