fbpx
Select Language

Artikel

September 24, 2024

Karakteristik Ubin Granit untuk Menciptakan Kesan Luas pada Ruangan

Share with

Dengan harga tanah di perkotaan yang semakin mahal, bangunan rumah tinggal dan gedung komersial harus menerapkan desain yang efisien. Desain interiornya harus dibuat seefisien dan sekreatif mungkin supaya tercipta kesan lapang agar orang merasa lebih nyaman. Salah satunya dengan penggunaan pelapis lantai dan dinding yang tepat seperti ubin granit.

Selain materialnya yang kuat, ubin granit memiliki sejumlah karakteristik yang dapat membantu  menciptakan kesan lapang. Simak pembahasannya bersama Roman berikut ini!

Gunakan granit berukuran besar

RomanGranit_dHanover_Beige_RG80x80

Lantai dHanover Beige 80×80 cm (RomanGranit Stone Mood)

Ubin granit berukuran besar dapat menciptakan kesan luas dan lapang pada ruangan. Tampilan ubin granit ukuran besar juga lebih mewah. Tak heran jika banyak properti mewah menggunakan ubin granit ukuran besar. Untuk mendapatkan karakteristik ubin granit ubin granit ukuran besar yang mewah, intip deretan koleksi Roman Granit Xtra yang berukuran 80×80 cm atau 120×60 cm. Salah satunya, dHanover 80×80 cm yang cocok untuk digunakan di area open space dan juga area komersial.

Baca juga: Tren Granit Lantai Abu-Abu Matt Ukuran Besar Bergaya Kontemporer dan Industrial

Ubin granit warna terang

RomanGranit_dIgneus_Beige_RG80x80

Lantai dIgneus Beige 80×80 cm (RomanGranit StoneMood)

Pemilihan ubin granit dengan karakteristik warna terang sangat disarankan. Pasalnya, warna terang mampu memantulkan cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih lapang. Ubin granit yang memiliki karakteristik seperti ini di antaranya adalah dIgneus Beige 80×80 cm yang terinspirasi dari batuan beku. Warnanya yang netral cocok untuk aneka jenis interior. Adapun motifnya mengusung konsep batuan homogen dengan permukaan matt.

Permukaan glossy yang memantulkan cahaya

RomanGranit_dRieti_Panna_Sabbia_RG120x60

Dinding dRieti Panna & Sabbia 120×60 cm (RomanGranit GlossMood Xtra)

Banyak interior yang diberi tambahan cermin untuk memantulkan cahaya agar muncul kesan lapang. Tapi jika kurang menyukai cermin pada interior, ada alternatif lain yaitu ubin granit dengan permukaan glossy seperti dRietti 120×60 cm. Ditambah dengan motif marmer warna cokelat, kesannya jadi lebih mewah pula. Selain itu, uratnya tersusun secara rapi membentuk garis-garis horizontal yang ampuh menciptakan kesan interior lebih lebar. 

Baca juga: Kilap Mewah Dinding Gedung Komersial Berlapis Ubin Granit Motif Travertine

Motif homogen

RomanGranit_dAosta_Beige_RG80x80

Lantai dAosta Beige 80×80 cm (RomanGranit StoneMood Xtra)

Ruangan kecil hingga sedang akan terlihat penuh jika menggunakan banyak motif pada elemen interiornya.  Jadi ada baiknya memilih ubin granit dengan karakteristik motif homogen. dAosta 80×80 cm bisa jadi pertimbangan. Selain motifnya homogen dan ukurannya besar, permukaannya yang matt memiliki struktur yang memberi efek kilap jika dilihat dari sudut tertentu.

Aspek-aspek lain untuk menciptakan kesan lapang

Selain memanfaatkan karakteristik ubin granit, kamu juga bisa menciptakan kesan lapang dengan dukungan aspek-aspek lainnya, di antaranya adalah:

Model furnitur

Untuk ruangan yang kecil, model furnitur akan banyak mempengaruhi kesan lapang. Pilihlah yang modelnya minimalis atau bahkan bersifat multifungsi. Pertimbangkan juga memilih furnitur tanpa kaki.

Dinding kaca

Jika ruangan memiliki akses menuju taman atau area outdoor lainnya, akan lebih baik apabila dindingnya dibuat menggunakan kaca agar visualnya lebih luas.

Pencahayaan

Pencahayaan juga memegang peran penting untuk menciptakan kesan lapang suatu ruangan. Pastikan di setiap sudut ada sumber pencahayaan, baik yang sifatnya alami maupun buatan.

Penempatan dekorasi

Dekorasi berukuran besar sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, pilihlah dekorasi multifungsi yang dapat ditempatkan pada dinding supaya ruang gerak penghuni rumah atau pengunjung gedung komersial jauh lebih leluasa.

Demikian beberapa tips ampuh untuk menciptakan kesan lapang pada ruangan. Semoga dapat menjadi inspirasi!

 

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...