fbpx
Select Language

Artikel

Juli 08, 2024

Desain Lobby untuk Memberi Kesan Pertama yang Indah

Share with

Lobby pada kantor, hotel, atau tempat komersial lainnya merupakan salah satu ruang utama yang penting. Di tempat ini pertama kalinya tamu atau pelanggan akan datang, melihat, dan merasakan suasana di dalam bangunan. Itulah mengapa desain lobby sebisa mungkin dapat memberikan kesan yang baik dan menyenangkan.

Kebutuhan di setiap lobby tempat komersial bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis bangunan. Pada umumnya di ruang lobby terdapat area resepsionis, tempat duduk atau lounge, jalur sirkulasi yang cukup luas, bar atau pantry, dan foyer.

Baca juga: 7 Granit Motif Marmer yang Cocok Jadi Focal Point Interior

Poin yang penting saat awal mendesain lobby adalah menentukan kesan apa yang ingin ditampilkan, hal ini berkaitan dengan brand ataupun tema tertentu yang menjelaskan karakter dari hotel atau kantor.

Ketika berada di lobby, tamu juga berkesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang brand ataupun produk dari tempat komersial tersebut. Kemudian, tentukan pula pengalaman apa yang ingin diberikan kepada pelanggan ketika berada di lobby. Foto-foto berikut adalah beberapa contoh desain lobby modern pada ruang komersial.

Area resepsionis

Berada di bagian terdepan lobby, meja resepsionis berfungsi untuk menyambut setiap tamu yang datang. Agar mudah dikenali, maka area ini harus mudah diakses dan terlihat jelas dari pintu masuk sehingga tamu dapat langsung mendatangi meja resepsionis.

RomanGranit_dMoleanos_Perla_RG80x80

Area resepsionis sebagai front desk harus selalu terlihat rapi dan bersih untuk memberikan citra yang bagus bagi perusahaan. Gunakan pelapis lantai dengan desain simpel tapi elegan, seperti RomanGranit Grande dMoleanos Perla 80×80 cm.

Ruang open space

Desain lobby umumnya menerapkan tata letak atau layout open space yang tidak menggunakan banyak sekat. Tujuannya agar lobby terkesan luas meskipun sedang ramai pengunjung dan lalu lalang orang bisa lebih lancar. Ruang luas juga diperlukan untuk kebutuhan sirkulasi barang, misalnya membawa koper tamu melalui lobby hotel. Lobby tempat komersial membutuhkan pelapis lantai yang kuat dan tahan lama, seperti ubin granit dengan ukuran besar.

RomanGranit_dBrugiana_Crema_RG80x80

Ruang yang luas membuat lobby terasa lebih nyaman. Untuk kesan luas, pilih tone warna muda untuk interior dan pelapis lantai atau dinding dengan permukaan glossy. Lobby berikut ini menggunakan dBrugiana Crema 80×80 cm pada lantai dan dAlabaster Beige 120×60 cm pada dinding.

Lounge yang nyaman

Biasanya tamu yang datang perlu menunggu beberapa waktu selama resepsionis mengurus kebutuhan tamu tersebut. Oleh sebab itu, di lobby harus ada tempat menunggu yang nyaman. Sediakan ruang tamu dengan tempat duduk atau sofa. Berikan tampilan yang inspiratif di area ini, misalnya taman indoor yang bisa membuat suasana jadi lebih sejuk. Jika tempatnya cukup luas, sebaiknya ada pantry yang menyediakan minuman ringan.

RomanGranit_dFiordibosco_Grigio_RG100x100

Lobby yang nyaman memiliki ruang tunggu yang cozy. Ciptakan suasana cozy dengan memasang motif yang tepat di lantai, seperti koleksi dFiordibosco Grigio 100×100 cm pada lobby berikut ini. dFiordibosco berukuran besar dan bermotif grey marble dengan vein kecoklatan dapat menambah kemewahan pada lobby.

Baca juga: 5 Tips Mendesain Kamar Ala Hotel di Hunian Minimalis

Aksen unik

Area lobby adalah representasi utama bagi sebuah tempat usaha seperti hotel dan kantor. Berikan aksen menarik dan unik pada ruang ini sehingga mudah diingat oleh para tamu. Aksen unik dapat berupa elemen interior seperti lighting, benda-benda artwork, ataupun motif tertentu pada dinding. Adanya tampilan yang mengesankan juga memberikan pengalaman tersendiri bagi para tamu.

RomanGranit_dBastei_Grigio_RG120x60

Lobby ini berdesain modern dengan pilihan tone warna monokrom. Pada dindingnya dilapisi dengan ubin granit bermotif batuan yang unik dari koleksi dBastei Beige 120×60 cm. Aksen unik pada dinding menambah kemewahan pada desain lobby.

Do you want more informations?
Send us a message!

Please wait...